SOSIALISASI SSN SMP NEGERI 2 ANJATAN

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Oleh Anha

Sejalan dengan berjalannya Sekolah SMP Negeri 2 Anjatan sebagai calon Sekolah Standar Nasional atau rintisan Sekolah Standar Nasional, maka pada saat ini komponen SMPN 2 Anjatan, mengadakan berbagai persiapan. Salah satu persiapan tersebut adalah : melakukan sosialisasi SSN ( Sekolah Standar Nasional ) kepada kepada seratus orang tua wali yang anaknya menjadi kandidat / calon siswa kelas SSN. Bersamaan dengan kegiatan itu, diundang juga secara khusus ketua komite sekolah Bapak H. Abdul Hadi. dan lebih menyegarkan lagi ketika hadir korwas Dikmen Drs. H. Iding yang kebetulan sedang melakukan sidak hari pertama sekolah. Dalam sambutannya ketua korwas, Drs. H. Iding menyampaikan bahwa sekolah SSN itu akan berjalan dengan baik apabila mendapat tunjangan dari pemerintah secara optimal dan dukungan penuh secara moril maupun materil dari orang tua wali / siswa. Dan SMP Negeri 2 Anjatan merupakan salah satu dari 17 sekolah menengah pertama di kabupaten Indramayu yang mendapat kepercayaan dari pemerintah sebagai sekolah rintisan Sekolah Standar Nasional, bila dalam tiga tahun dapat berjalan dengan baik dan prestatif, SMP Negeri 2 Anjatan bisa meningkat ke sekolah Rintisan Berstandar Internasionanl (SBI ).

Pada tahun ini rekrutmen siswa SSN dilakukan lebih selektif dan profesional, sehubungan SMP 2 Anjatan sudah menginjak tahun kedua. Dan siswa yang dibutuhkan adalah 2 rombel yang masing - masing kelas berjumlah 36 siswa. Artinya dalam seleksi ini dibutuhkan 72 siswa yang dipersiapkan pada kelas SSN.

Secara prosedural perekrutan calon siswa kelas SSN ini, dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu :

1. Penetapan rangking dari seratus siswa terbaik hasil seleksi siswa baru.

2. Analisis data seratus siswa kandidat kelas SSN.

3. Nota kesepahaman dengan orang tua siswa melalui rapat orang tua / wali

4. Seleksi tertulis untuk memperoleh 72 siswa terbaik

5. Penetapan siswa SSN

Pelaksanaan seleksi akan dilaksanakan hari selasa tanggal 14 Juli 2009 pukul 13.00 setelah selesai KBM. Dibuat 5 kelas seleksi dan masing - masing kelas terdiri dari 20 siswa. Mudah mudahan dengan jumlah siswa yang relatif sedikit di tiap ruangnya akan mendapatkan nilai yang obyektif dan kavabel, dengan hasil penyaringan yang cukup baik dan memuaskan

Ketua pelaksana SSN, Kadi SPd. Menjanjikan bahwa dalam waktu dekat hasilseleksi ini akan segera diumumkan dan diketahui oleh seluruh siswa, kemudian orang tua akan menandatangani surat pernyatan untuk dapat bekerja sama membina putra putrinya di lingkungan keluarga terutama motivasi belajarnya dan secara materil dapat mendukung segala program program sekolah untuk kemajuan putra putrinya di sekolah maupun di luar sekolah baik prestasi akademik maupun non akademiknya.

Sedangkan untuk kelas SSN yang pada saat ini telah kelas 8 dan 9, sekolah tetap menjalin kerjasama dengan orang tua siswa melalui pertemuan yang akan dilaksanakan pada hari selasa pagi, tanggal 14 Juli 2009. Dengan membuka komunikasi dengan orang tua siswa, diharapkan ada kesamaam visi dan orientasi bimbingan siswa, penyelesaian masalah masalah baik dalam kesulitan belajar maupun perkembangan kepribadianya ataupun akh;laknya , sehingga pada akhirnya prestasi siswa dapat diraih secara maksimal sesuai dengan harapan kita , sesuai dengan motto SMP Negeri 2 Anjatan yaitu CERIA.yang outputnya adalah menghasilkan siswa yang cerdas, eksis, relijius, inovatif dan akuntabel. .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAGEMEN KEORGANISASIAN OSIS

Kurikulum SMPN 2Anjatan